Tips Memilih Rental Motor yang Tepat dan Aman

Saat ini, bisnis rental motor merupakan salah satu bisnis transportasi yang makin hari makin diminati banyak orang. Selain harganya tidak semahal kendaraan roda empat, penggunaan motor juga dinilai paling efektif khususnya di wilayah yang sering terjadi kemacetan. Baik di Jakarta ibukota negara maupun kota-kota besar lainnya.

Selain penduduk dan warga setempat, konsumen utama bisnis rental motor ini umumnya para pendatang. Mereka berkunjung dengan beragam sebab. Ada yang karena keperluan keluarga, pekerjaan atau juga sekedar berwisata selama beberapa hari.

Mungkin, bagi sebagian orang, menggunakan jasa ojek online adalah pilihan yang bagus untuk mobilitas di tempat yang baru pertama kali dikunjungi. Namun bagi sebagian yang lain, menyewa motor terkadang justru menjadi opsi yang tepat guna kelancaran urusannya kesana kemari.

Para penyewa motor ini lazimnya akan mencari rental motor terdekat yang tentunya terpercaya, aman dan tentunya cocok dari segi harga atau tarif sewanya.

Jika Anda baru singgah pertama kali di sebuah kota maka berikut beberapa tips yang mungkin dapat sedikit membantu ketika ingin menyewa motor untuk keperluan transportasi selama di kota tersebut.

Tips Memilih Rental Motor yang Tepat dan Aman

Harga sewa motor. Poin ini sebetulnya relatif ya, tergantung kondisi keuangan masing-masing. Jika dompet agak tebal mungkin berapapun tarif sewa motornya gak masalah. Asalkan sesuai keinginan maka deal.

Sedikit berbeda dengan mereka yang barangkali kondisi finansialnya pas-pasan. Tentunya faktor harga akan menjadi pertimbangan tersendiri. Karena itu, cobalah cari tempat yang punya tarif sewa motor standar. Standar di sini maksudnya tidak terlalu jauh berbeda dengan kota lainnya.

Oia, kalau ingin menyewa dalam waktu cukup lama, seminggu misalnya, maka tak usah malu meminta keringanan harga berupa diskon khusus supaya nantinya dapat lebih hemat. Tapi umumnya setiap penyedia rental motor sudah mempunyai harga baku untuk sewa harian, mingguan dan bahkan bulanan.

Tanda pengenal. Tempat rental motor yang baik biasanya mau menyewakan motornya hanya kepada orang-orang yang memang dapat dipercaya. Dalam artian calon penyewa tersebut tidak punya niatan atau maksud mencuri motor yang disewanya.

Sebab itulah calon penyewa motor akan dimintakan salinan KTP atau identitas resmi lainnya. Yang demikian adalah lumrah dan justru bagus karena memperlihatkan kepedulian pemilik rental terhadap keamanan motornya dan juga keamanan Anda sebagai konsumennya.

Reputasi owner. Sebelum menyewa motor, upayakan mengenal dan mengetahui reputasi rental tersebut termasuk pemiliknya. Pastikan reputasinya cukup baik di mata masyarakat umumnya dan konsumen khususnya.

Salah satu cara tercepat untuk mendapatkan informasi tentang hal ini adalah bertanya pada teman, rekan kerja, sanak saudara atau bisa juga kenalan baru yang memang sudah lama tinggal di kota tersebut.

Syarat dan ketentuan. Setiap tempat sewa motor tentu memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku. Selama syarat dan ketentuan tersebut wajar dan tidak aneh-aneh maka silakan terima.

Namun apabila S & K nya terlihat janggal, meminta dan menahan KTP asli misalnya, maka hal ini perlu diwaspadai karena biasanya di banyak tempat cukup salinan KTP saja.

Atau kalau rental motor tersebut menarik biaya ekstra semaunya di luar perjanjian, yang tentunya akan membuat konsumen merasa dibohongi dan tidak nyaman, maka silakan tinggalkan saja dan cari tempat lainnya. Pilihlah tempat sewa motor yang lebih bisa diterima syarat dan ketentuannya.

Demikianlah beberapa tips dan cara memilih rental motor yang tepat dan aman. Mungkin di sebagian tempat akan ada perbedaan sehingga perlu disesuaikan apa-apa yang disebutkan di atas.

Keputusan memilih tempat rental motor sejatinya ada pada Anda sebagai calon konsumen. Selama Anda cermat dalam memilih dan memutuskan, niscaya semua pihak baik Anda maupun pihak rental akan nyaman dan merasa aman satu sama lain. Semoga bermanfaat.

(Photo: ISTIMEWA)