Ide Foto yang Laku di Shutterstock, Sebuah Tips Sederhana untuk Pemula Tahun 2022

Foto yang Laku di Shutterstock

Bagaimana mencari ide foto yang laku di Shutterstock? Tentu akan subjektif jawabannya mengingat setiap kontributor punya cara dan teknik tersendiri dalam karyanya. Adapun bagi mereka yang masih bingung barangkali bisa mempertimbangkan ide sederhana yang disampaikan berikut ini.

Apa itu Shutterstock?

Secara sederhana, Shutterstock adalah salah satu platfrom penyedia gambar dan foto secara online. Sebetulnya tak cuma foto atau gambar tapi juga musik, video dan lainnya. Masing-masing mempunyai harga yang bervariatif.

Daftar Shutterstock

Shutterstock membuka peluang bagi setiap orang untuk menjadi kontributor yang nantinya akan mendapatkan honor, bayaran atau fee atas setiap karya yang laku terjual. Untuk pendaftarannya sendiri tidak terlalu sulit karena Shutterstock juga memiliki aplikasi yang bisa diunduh di PlayStore.

Ide Foto yang Laku di Shutterstock

Mencari ide foto yang laku di Shutterstock mungkin bisa dikatakan gampang-gampang sulit. Apalagi buat pemula yang terkadang bingung mau ambil foto apa. Padahal yang dibutuhkan hanya sedikit kejelian bagaimana menempatkan kita pada posisi calon pembeli foto.

Foto yang Laku di Shutterstock
Unik. Sebuah karya yang unik tidak harus mahal. Adakalanya banyak di sekitar kita sesuatu yang unik bagi calon pembeli di Shutterstock. Sebagai contoh foto sofa di atas yang jelas-jelas sudah rusak dan mudah ditemui di lingkungan masyarakat Indonesia. Belum tentu calon pembeli di luar negeri memiliki atau menemukan sofa yang rusak.

Alih-alih calon pembeli terlebih dulu merusak sofanya (yang masih bagus) hanya untuk mendapatkan foto sofa rusak. Lebih masuk akal jika dia memilih membeli foto karya kontributor meski secara pengambilan dan pencahayaan kurang prima.

Angle. Maksudnya sudut pandang pengambilan foto termasuk teknik pencahayaan. Misalkan antara kontributor dan calon pembeli sama-sama mempunyai sofa yang rusak. Nah, tugas kita adalah bagaimana memilih sudut pandang yang menarik. Jika ini dilakukan maka ada peluang foto akan terjual karena calon pembeli belum tentu mampu melakukan pengambilan foto yang menarik layaknya kontributor.

Momen. Adalah saat-saat khusus yang jarang terulang. Misalkan dua ekor kucing sedang berkelahi di atas sofa yang rusak. Maka yang seperti ini juga akan semakin besar peluang fotonya laku terjual.

Demikian sedikit teknik sederhana mencari ide foto yang laku di Shutterstock untuk pemula. Tinggal selanjutnya bagaimana memilih judul dan deskripsi foto yang tepat dan punya nilai jual. Sedangkan bagi mereka yang sudah mahir alias mastah pastinya punya cara yang lebih top dan jempolan. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *