5 Cara Membuat Konten Blog yang Menarik untuk Pemula

Cara Membuat Konten Blog yang Menarik untuk Pemula

Cara membuat konten blog, terutama yang isinya menarik, kadang dianggap cukup sulit bagi pemula. Apalagi jika belum ada faktor disiplin pada diri mereka untuk menulis. Maksud hati ingin posting setiap hari namun apa daya cuma sepekan sekali.

Manfaat Menulis

Pada dasarnya, kegiatan menulis punya beragam manfaat. Selain untuk mencurahkan isi hati dan pikiran, menulis juga dianggap mampu menghilangkan stress di tengah kehidupan yang begitu keras.

Memang, menulis itu adakalanya membosankan dan memberatkan khususnya bagi para pemula yang hendak terjun di dunia blogging. Akibatnya banyak blog yang terbengkalai dan tidak terawat oleh pemiliknya.

Menulis Produktif

Para penulis yang produktif cenderung mampu membuat konten yang rutin, entah per hari maupun per pekan. Cara membuat konten yang mereka lakukan mungkin bisa berbeda-beda. Namun secara kuantitas atau jumlah biasanya sama. Ada yang dalam sepekan mampu menerbitkan belasan bahkan puluhan artikel.

Produktifitas ini nantinya sangat bermanfaat dalam mendatangkan pengunjung. Apalagi jika tulisan yang dihasilkan mampu memenuhi standar SEO sehingga peluang tampil di halaman depan mesin pencari semakin terbuka lebar.

Cara Membuat Konten Blog dengan Mudah

Kali ini, tim redaksi PIONAZ ID akan mencoba berbagi tips seputar cara membuat konten blog dengan mudah dan cepat. Teknik ini sifatnya masih subjektif yang artinya bisa saja berbeda dengan penulis lainnya.

Tangkap ide. Proses mencari ide menulis bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti membaca berita online dsb. Bahkan ketika kita offline, ide tulisan kadang hadir di kepala.

Riset kata kunci. Ide yang telah didapat akan lebih baik lagi di-riset menggunakan layanan kata kunci. Dengan demikian ide yang awalnya bersifat umum bisa mengerucut menjadi satu bahasan yang khusus.

Buka dashboard. Segera login ke platform blog yang kita miliki, entah WordPress, Blogspot maupun lainnya. Segera ketik judul artikel sesuai riset yang telah dilakukan.

Tulis paragraf pembuka sesuai kaidah SEO. Hanya beberapa baris kalimat pun tak mengapa. Karena toh nanti ada saatnya kita akan update artikel dengan kalimat yang lebih banyak dan lengkap.

Publish atau terbitkan. Meskipun hanya judul dan paragraf pembuka, silakan publish artikel yang dibuat tadi. Toh nantinya kita akan update entah besok, lusa, pekan depan atau sebulan yang akan datang. Dengan adanya judul, paragraf pembuka dan link artikel mudah-mudahan terindex di mesin pencari.

Demikian sekilas uraian tentang cara membuat konten blog yang menarik untuk pemula. Sekali lagi, untuk pemula. Adapun bagi yang sudah mahir tentunya punya teknik dan cara yang lebih bagus dan ampuh. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published.