Javascript Obfuscator Online, Tutorial Mengamankan Kode Javascript Terbaru 2022

Javascript Obfuscator Online

Javascript Obfuscator Online adalah layanan yang biasanya digunakan sebagian theme developer blogspot saat memperkenalkan theme hasil garapannya secara gratis (free). Tujuannya untuk mengamankan atau melindungi kode javascript yang dibuatnya.

Apa itu Javascript?

Secara singkat, Javascript adalah barisan kode yang biasanya di awali <script text=”javascript> dan diakhiri dengan </script>. Penulisannya bisa secara langsung maupun berupa link. Kita bisa menemukannya pada theme baik blogspot maupun wordpress. Bahkan pada website berbasis HTML pun banyak dijumpai javascript.

Manfaat Javascript Obfuscator Online

Sebagaimana diketahui, tidak semua orang mampu menulis dan menyusun kode Javascript meskipun hanya beberapa baris. Bagi theme developer, utamanya berbasis blogspot, kode javascript dianggap sangat bernilai karena biasanya di sinilah letak keunggulan sebuah theme.

Karena itulah, pada perkenalan theme yang umumnya versi gratis, para theme developer tersebut mengamankan kode yang dibuatnya. Kode tersebut hanya dibuka dan ditampilkan pada theme versi berbayar (premium).

Salah satu layanan online untuk mengamankan kode javascript adalah Javascript Obfuscator. Di sini kita bisa menyamarkan kode sehingga tidak mudah dibaca dan dikenali.

Bagaimana penggunaannya? Sepertinya tak perlu diuraikan di sini mengingat para penulis dan penyusun kode javascript merupakan orang-orang cerdas. Bahkan lebih hebat dari penulis artikel ini. Kecuali untuk pembahasan membuat blog wallpaper di blogspot, mungkin bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *