Ternyata, Begini Cara Mengoptimalkan Status Facebook

Facebook merupakan situs yang hampir sebagian besar remaja, dewasa hingga orang tua semua mengetahuinya. Sebagai platform jejaring sosial, Facebook menjadi salah satu yang terbesar di dunia mengingat begitu banyak penggunanya. Bahkan Mark Zuckerberg, CEO Facebook, konon termasuk salah seorang miliuner dengan kekayaan yang luar biasa.

Selaku pengguna Facebook, tentu kita sering menulis status atau sekedar berbagi postingan. Mirisnya, tidak semua status dan postingan tersebut terbaca oleh pengguna lainnya. Mengapa? Hal ini disebabkan Facebook mempunyai semacam algoritma unik yang mampu membedakan mana status dan postingan yang penting dan mana yang tidak penting.

Tips Mengoptimalkan Status Facebook

Nah, agar status maupun postingan yang kita buat di Facebook menjadi optimal, dalam artian dibaca banyak orang, maka perlu memahami beberapa faktor yang dianggap berpengaruh. Apa sajakah itu? Berikut uraiannya:

Buat Postingan Bagus dan Bermanfaat

Saat kita memposting sesuatu yang bagus, bermanfaat dan penting maka cenderung akan mendapatkan banyak komentar, like maupun share tanpa diminta. Algoritma Facebook pun akan menganggap postinganmu penting sehingga terus ditampilkan di beranda pengguna lainnya.

Beberapa contoh postingan yang bagus dan bermanfaat ini diantaranya panduan dan tutorial singkat yang diharapkan bisa berguna bagi mereka yang membacanya.

Ucapkan Selamat

Ucapan selamat umumnya diberikan kepada seseorang dalam kaitannya dengan hal-hal penting dalam hidup mereka. Misalnya hari lahir, hari kelulusan, hari pernikahan atau hari kenaikan jabatan. Kata-kata yang digunakan lazimnya berupa Selamat, Anniversary, Congratulation dan Graduation.

Karena sifatnya yang positif, Facebook sangat menyukai status maupun postingan yang ada ucapan selamat di dalamnya. Dengan begitu, status seperti ini berpeluang besar akan dibaca pengguna Facebook lainnya.

Buang Jauh-Jauh Kalimat Negatif

Kalimat negatif di sini bisa berupa makian, umpatan atau kata-kata kotor lainnya yang biasanya muncul ketika seseorang sedang marah. Postingan yang mengandung kalimat negatif cenderung tidak disukai algoritma Facebook dan pasti juga tidak disukai pengguna lainnya.

Itulah mengapa banyak orang menyarankan agar saat marah upayakan tidak membuka Facebook atau platform sosial media lainnya. Redam hati yang marah hingga tenang kembali. Apalagi di Indonesia berlaku UU ITE yang perlu menjadi perhatian kita semua.

Hindari Meminta-Minta

Terkadang, sering kita jumpai pengguna Facebook yang kerjanya meminta-minta. Entah itu meminta like, share, komentar atau bahkan meminta uang juga ada. Ketahuilah bahwa algoritma Facebook sangat tidak menyukai status atau postingan semacam ini karena umumnya dianggap sebagai postingan spam (sampah).

Lebih parahnya, status meminta-minta justru akan menjadikan temanmu di Facebook merasa kesal dan jengkel. Menganggapmu sebagai orang tak tahu malu.

BACA JUGA: Cara Menghindari Penipuan Lewat Media Facebook

Cari Fenomena yang Sedang Trending (Viral)

Dunia senantiasa berubah. Termasuk dengan fenomena yang ada di dalamnya. Memposting sesuatu yang sedang trend dan hangat dibicarakan.akan memancing algoritma Facebook. Dengan demikian, postingan akan berpeluang untuk sering tampil dan berpotensi mendapatkan komentar dari pengguna lainnya.

Cara inilah yang sering dimanfaatkan pihak-pihak tak bertanggung jawab dengan membuat status heboh dan penuh keributan. Tujuannya tentu biar ramai sehingga visibilitas naik. Ibarat mengail di air keruh.

Berbagi Link dari Sumber Terpercaya

Status yang mencantumkan link dari sumber-sumber yang terpercaya akan dianggap penting oleh algoritma Facebook. Sumber-sumber terpercaya di antaranya lembaga negara, portal berita ternama atau akun-akun centang biru yang tentunya telah mendapatkan pengakuan dari Facebook.

Berbagi link terpercaya sangat disarankan bagi mereka yang ingin statusnya ingin dibaca oleh banyak orang. Sebaliknya, berbagi link spam akan membuat statusmu dianggap spam dan kemungkinan pahitnya akunmu dihapus Facebook.

Tampilkan Foto

Agar status makin berpeluang dibaca, cobalah mengunggah dan menampilkan foto pendukung, entah satu, dua atau tiga. Foto di sini tidak harus berupa foto selfi kita tapi bisa juga foto ilustrasi seperti foto pemandangan, foto gedung maupun foto lainnya.

Beberapa web penyedia foto yang menarik, gratis dan dapat dijadikan ilustrasi diantaranya Pixabay, Pexels dan Unsplash. Bebas hak cipta dan dapat digunakan sesering mungkin.

Perhatikan Waktu Memposting

Meski tak ada larangan waktu posting, idealnya kita memperhatikan kapan waktu posting yang tepat agar berpeluang dibaca pengguna lain. Umumnya, sebagian besar orang aktif di jejaring sosial sekitar pukul 9 pagi, 12 siang (saat istirahat kerja), 5 sore (saat pulang ke rumah) dan jam sebelum istirahat malam.

Dengan pemilihan waktu posting yang tepat diharapkan peluang terbaca akan semakin besar. Walaupun sekali lagi, tak ada batasan dalam masalah kapan kita ingin posting.

Posting Secara Rutin

Facebook senang dengan orang-orang yang rajin mengaksesnya. Alhasil, semakin sering dan semakin banyak statusmu maka semakin terbuka lebar visibilitasnya. Usahakan memposting setidaknya 2 kali setiap harinya. Tentunya bukan dengan sembarang postingan namun sesuai kaidah-kaidah di atas sebelumnya.

Demikianlah beberapa kiat, tips dan cara mengoptimalkan status yang kita buat sesuai algoritma Facebook. Terlebih-lebih bagi mereka yang bekerja sebagai admin, pastinya harus mampu menerapkan cara-cara di atas agar postingannya selalu ramai dan penuh interaksi. Makin banyak interaksi maka semakin bagus pula di mata Facebook dan ke depannya akan makin berpeluang dibaca banyak orang. Semoga bermanfaat.

(Photo: PIXABAY)

BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published.