5 Faktor yang Berpengaruh terhadap Calon Pembeli Toko Online

Seiring meluasnya penggunaan internet, banyak pemilik toko konvensional yang kemudian juga membuat toko online. Hal ini memang tak bisa dihindari karena toko online dianggap mempunyai keunggulan tersendiri dibanding toko konvensional. Salah satunya lebih hemat dari sisi biaya operasional.

Sejatinya, toko online dapat dikatakan tak jauh berbeda dengan toko yang biasa kita jumpai secara langsung di pasar-pasar terdekat. Ada produk, ada transaksi dan ada akad jual beli tentunya.

Website Toko Online

Bila ditinjau dari segi bahasa, toko online merupakan sebuah toko yang menggunakan media online (daring) sebagai sarana transaksi antara penjual dan pembeli. Media online di sini bisa berupa website, sosial media maupun marketplace.

Kehadiran pembeli di toko online memang tidak secara langsung dalam artian berkunjung secara fisik. Namun sejalan dengan makin canggihnya teknologi hal ini bisa disiasati dengan penggunaan fasilitas live chat atau bahkan video call.

Meski cukup marak, ternyata tidak semua toko online mampu mendatangkan pengunjung dan pembeli sesuai harapan pemiliknya. Adakalanya banyak pengunjung namun tanpa transaksi. Alhasil, tidak sedikit toko online yang kemudian tutup buku dan tidak melanjutkan operasionalnya.

Bila diamati, ada beberapa faktor yang bisa dikatakan sebagai penyebab mengapa sebuah toko online sepi dan kurang lancar hasilnya. Berikut akan kami sampaikan 5 hal yang menjadi faktor mengapa toko online sepi pengunjung dan bisa dianggap gagal.

Harga Produk

Faktor ini adalah salah satu faktor utama yang mungkin menyebabkan sepinya toko online. Persaingan antar toko online yang begitu ketat akhirnya memicu para pemilik toko terkesan berani banting harga sedemikian rupa. Ketika harga di toko online A dianggap mahal maka pengunjung dapat segera pindah ke toko online lainnya yang lebih murah. Begitu seterusnya hingga pengunjung mendapatkan harga yang diinginkannya. Kenyataan ini membuktikan bahwa setiap toko online hendaknya menawarkan harga yang kompetitif dan bersaing agar pengunjung tidak lari ke toko online lainnya.

Fitur Belanja

Kadang ada juga calon pembeli yang membatalkan ordernya bukan disebabkan mahalnya harga tetapi karena fitur belanja di toko online terkait tidak nyaman atau sulit dilakukan. Sebagai calon pembeli, tentu menghendaki kemudahan bertransaksi tanpa dipusingkan dengan keranjang belanja dan pengisian form yang rumit dan berbelit-belit. Karena itulah, semakin mudah proses belanja di toko online maka semakin besar peluang tercapainya transaksi antara pembeli dan pemilik toko. Permudahlah dan jangan dipersulit.

Layout dan Navigasi Website

Meski dianggap bukan yang utama, faktor navigasi website juga sejatinya perlu diperhatikan. Sebagai contoh bagaimana layout dan tata letak menu serta kategori produk. Jangan sampai pengunjung bingung dan akhirnya membatalkan keinginannya untuk belanja di toko online kita.

Diskon (Potongan Harga)

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah diskon diartikan sebagai potongan harga. Sedangkan menurut Kamus Cambridge, arti diskon ialah pengurangan harga dari harga normal. Intinya serupa yakni sama-sama potongan harga.

Pemberian diskon ini memang sangat berpengaruh bagi calon pembeli. Karena itu, supaya lebih menarik minat belanja, tak ada salahnya toko online memberikan diskon pada momen-momen atau produk-produk tertentu kepada pengunjungnya. Terlebih-lebih di Indonesia yang mana konsumen sangat menunggu yang namanya harga diskon.

Deskripsi dan Foto Produk

Deskripsi produk hendaknya ditulis dengan selengkap dan sejelas mungkin. Tujuannya agar pengunjung toko online kita paham dan terhindar dari kekecewaan nantinya. Begitu pula dengan foto produk yang idealnya hasil foto langsung dan bukan mencomot dari mesin pencari. Pastikan kedua hal ini, deskripsi produk dan foto, dibuat sedetail mungkin agar pengunjung paham apa yang akan dibelinya.

Demikianlah lima faktor yang berpengaruh dan penyebab sepinya toko online. Mungkin ada faktor lainnya yang bisa saja berbeda antara toko online yang satu dan lainnya.

Mudah-mudahan sekilas uraian di atas dapat menjadi penambah wawasan bagi kita semua, khususnya bagi Anda yang mempunyai toko online.

(Photo: PIXABAY)

BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published.