Tips Memilih Web Hosting yang Tepat dan Cocok Digunakan

Saat ini, beragam layanan web hosting, dari yang murah hingga yang mahal, hadir di tengah-tengah para pegiat dunia online termasuk kalangan blogger. Alhasil, dengan banyaknya penyedia web hosting tersebut membuat kita mau tak mau harus lebih selektif dan berhati-hati dalam mencari hosting mana yang akan disewa dan digunakan nantinya.

Sekedar penambah wawasan, bila kita keliru dalam memilih hosting dampaknya akan terasa di kemudian hari. Dampak tersebut dapat berupa website yang lambat atau malah tidak bisa diupdate sama sekali.

Tips Memilih Web Hosting yang Tepat

Untuk itu, perlu kiranya kita memahami sejumlah tips dan cara memilih web hosting yang tepat dan cocok digunakan, agar website tetap online sebagaimana yang diharapkan.

Lihat Biaya Sewanya

Poin ini mungkin salah satu yang utama bagi sebagian kita karena tidak semua orang mempunyai budget yang sama. Hal ini tentunya wajar dan dapat dimaklumi. Mencari informasi sebanyak mungkin seputar penyedia hosting tentunya harus dilakukan.

Meskipun budget terbatas, upayakan untuk tetap logis dan tidak terjebak dengan penawaran harga hosting yang murah dan tidak masuk akal. Harga murah memang prioritas, namun tetap harus berpikir waras.

Oia, tidak sedikit layanan web hosting yang saat ini banyak memberikan promo harga di tahun pertama. Hal ini juga harus diperhatikan mengingat di tahun kedua, harga hosting akan kembali normal dan itu lazimnya lebih mahal daripada biaya tahun pertama.

Perhatikan Review (Ulasan)

Penyedia hosting umumnya mempunyai web official yang bisa diakses dengan baik oleh calon konsumennya. Dalam web tersebut juga biasanya ditampilkan beragam testimoni dari pelanggannya. Dengan mengetahui hal ini setidaknya kita bisa menilai seberapa bagus kinerja dan track record penyedia hosting tersebut.

Selain melalui web official, kita juga bisa melihat sejauh mana kinerja sebuah penyedia web hosting melalui review dari pihak lain, seperti Google review atau web-web khusus yang membahas seputar review hosting. Termasuk juga forum pengguna hosting tentunya.

Layanan Konsumen (Customer Support)

Bagi para pemula, sangat penting memilih penyedia web hosting yang handal dalam layanan konsumen atau customer support. Sebab suatu hari bisa jadi akan ada kendala yang mengharuskan kita bertanya secara langsung kepada pihak hosting. Jika penyedia hosting sulit dihubungi maka website pun akan sulit diperbaiki secara cepat.

Karena itu upayakan memilih layanan web hosting yang menyediakan dukungan 24/7 bak via chat online atau ticket support. Dengan demikian, kita dapat menghubungi pihak hosting kapan saja dan tidak terlalu khawatir bila suatu saat ada masalah terkait website kita tersebut.

Baca Juga: 1001 Sumber Pendapatan Seorang Blogger dari Recehan hingga Jutaan

Perhatikan Spesifikasi Hosting

Mungkin untuk web-web yang baru online hal ini bukan masalah serius. Mengingat pada web-web yang baru data yang digunakan belum seberapa besar. Namun demikian, tetap saja perlu kita perhatikan spesifikasi hosting yang ingin dipilih agar ke depannya web kita dapat terus bekerja secara baik dan optimal.

Add on Domain

Fitur add on domain lazimnya menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian pemilik web. Dengan adanya fitur ini nantinya kita bisa lebih hemat dari segi biaya karena bisa menambahkan domain lain dalam hosting yang sama. Tidak perlu sewa hosting lagi jika ingin membuat web kedua, ketiga dan seterusnya sesuai kebutuhan.

Batasan Inodes

Meski jarang diperhatikan, jumlah inodes menjadi poin tersendiri terutama bagi web-web lama yang mempunyai data cukup besar. Semakin besar batasan inodes yang disediakan tentunya akan semakin tepat guna menampung data web yang besar tersebut.

Demikian sekilas uraian seputar cara memilih web hosting yang tepat bagi para pegiat online khususnya pemula. Meskipun cukup singkat namun diharapkan dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

(Photo: PIXABAY)

BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published.