5 Tips Rahasia (Umum) untuk Pengguna Blogspot

Blogspot merupakan salah satu platform blogging yang cukup populer. Selain gratis, platform ini juga dimiliki langsung oleh Google yang tentunya akan memberikan aneka kemudahan bagi penggunanya.

Meski sudah lama berkecimpung di dunia blogging, mungkin ada sebagian blogger yang belum mengetahui sejumlah kemudahan yang disediakan platform blogspot. Apa sajakah itu? Di tulisan berikut, akan disampaikan beberapa tips yang bertujuan mempermudah aktivitas nge-blog kita di platform milik Google ini.

Cukup Satu Email

Untuk membuat blog di platform blogspot, kita bisa memulainya cukup dengan satu email. Mau satu blog, dua blog, bahkan sepuluh blog pun dapat dibuat dengan satu email tersebut.

Tips Blogspot

Yang perlu diperhatikan adalah waktu pembuatan blog agar tidak terindikasi spamming. Upayakan jangan membuat blog lebih dari satu dalam hari yang sama. Satu blog selama lima hari niscaya lebih bagus daripada lima blog sekaligus dalam satu hari.

Tampilan Layar Editor

Bisa jadi, saat menulis artikel, tampilan editor di laptop terasa kurang luas. Huruf-huruf tampak kecil sehingga menyulitkan sebagian pengguna blogspot. Kira-kira seperti ini misalnya:

Tips Blogspot Editing

Guna menyiasatinya, coba gunakan tombol Ctrl sambil scroll mouse ke atas sehingga nantinya layar menjadi tampak semakin luas seperti berikut ini:

Tips Blogspot Editing

Untuk mengembalikan layar ke tampilan normal maka silakan lakukan Ctrl dan scroll mouse ke bawah. Intinya tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan kita masing-masing.

Atur Permalink

Permalink memudahkan sebuah halaman web ter-index dan berpeluang mendapatkan posisi yang bagus di mesin pencari. Sebelum menerbitkan (publish) artikel, upayakan membuat permalink yang sesuai kata kunci yang ditargetkan.

Tips Blogspot Editing

Jika perlu, buatlah dokumen khusus yang mencatat setiap permalink yang sudah dibuat. Tapi bisa juga melalui pembuatan halaman Sitemap nantinya.

Gunakan Mode HTML

Bagi yang ingin mengedit tulisan beserta tag HTMLnya, dapat menggunakan Mode HTML. Perlu diketahui bahwa banyak tag yang sejatinya kurang diperlukan dan itu akan terlihat jelas saat kita menggunakan Mode HTML.

Tips Blogspot Editing

Pengetahuan dan pemahaman seputar tag-tag dasar HTML seperti heading, paragraph, alignment, img dan tag lainnya sangat diperlukan.

Posting Menggunakan Email

Enggan atau malas bolak balik login blogger untuk sekedar posting? Tak perlu galau, cukup aktifkan pilihan Posting menggunakan Email. Yang penting, rahasiakan email yang dibuat.

Tips Blogspot Editing

Salah satu kekurangan posting menggunakan email adalah tidak bisa menambahkan label atau mengubah permalink sebagaimana kalau posting secara manual. Kecuali bila kita memilih posting sebagai draft dan lain waktu menerbitkannya secara manual.

Penutup

Demikian beberapa tips yang bisa memudahkan pengguna blogspot saat melakukan aktivitas blogging. Semoga bermanfaat terutama bagi yang baru memulai kegiatan blogging.

Oia, bagi yang ingin mengetahui darimana seorang blogger memperoleh penghasilan maka bisa dibaca di tulisan ini: 1001 Sumber Pendapatan Seorang Blogger dari Recehan hingga Jutaan. Terima kasih telah berkenan mengunjungi PIONAZ ID.

Update

Bullets List Style

Saat membuat artikel terkadang ada bagian yang membutuhkan semacam list baik berbentuk bullets maupun numbering. Jika style bawaan theme sudah cukup bagus maka tak perlu kita ubah. Namun sekiranya style bawaan theme masih terasa kurang maka dapat menggunakan cara berikut:

Buka editor blogspot dalam Mode HTML lalu tambahkan kode berikut di paling atas sebelum konten tulisan. Kita bisa mengubah atau mengganti angka yang ada sesuai keinginan.

<style>
.post-body ul {list-style-type: none; padding: 0; margin:0}
.post-body ul li {list-style-type: none; padding-left: 1.5em; margin: .25em 0 1.25em}
.post-body ul li:before { position: absolute; left: 0; color: #333; font-weight: bold }
.post-body ul li:before {content: '\2022'; color: #333; }
</style>

Bila sudah, silakan lanjutkan penulisan konten artikel dan lihat hasilnya setelah diterbitkan. Tambahkan kode warna jika memang ingin lebih terlihat bulletnya.

BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published.