Teknik Membuat Link Profile di WordPress, Gratis dan Cocok buat Backlink

Sebagai salah satu platform blog, WordPress termasuk yang sangat populer dan banyak digunakan, baik di Indonesia maupun belahan dunia lainnya. Konon, 20 persen pemilik blog dan atau web di dunia memakai platform ini. Sepertinya ini sesuatu yang wajar mengingat beragam kemudahan dan keunggulan yang dimiliki WordPress itu sendiri.

Sejatinya, WordPress terbagi menjadi dua yakni wordpress hosted dan wordpress self hosted. Disebut wordpress hosted karena menggunakan hosting yang berasal dari pusat WordPress di Amerika sana. Alamatnya ada di wordpress.com dan mempunyai beragam layanan dari gratis hingga berbayar.

Adapun wordpress non hosted biasanya dipilih oleh mereka yang punya hosting dan domain sendiri. Nantinya cukup melakukan setup wordpress melalui Softaculous di CPanel atau Direct Admin.

Link Profil sebagai Backlink

Mengingat tulisan ini hanya membahas link profil sebagai backlink gratis maka platform yang dipilih adalah wordpress hosted atau wordpress com. Dengan layanan gratisnya, wordpress com menjadi salah satu tujuan pencari backlink yang lumayan powerfull.

Untuk bisa membuat link profil maka syarat utamanya tentu harus mempunyai blog di wordpress com. Caranya mudah kok. Cukup siapkan email untuk konfirmasi dan tentunya beberapa langkah pembuatan.

Pertama, silakan kunjungi https://wordpress.com dan pilih Mulai yang ada di pojok kanan atas layar. Ketik alamat email yang telah disiapkan dan buat username serta password. Berhubung kita manusia itu tempatnya lupa maka akan lebih baik jika username dan password ini disimpan di aplikasi semacam Notepad ++. Harapannya tentu agar di masa mendatang bisa dilihat lagi jika ingin login ke wordpress com.

Kedua, pilh nama domain atau alamat yang disukai. Namun karena ini versi gratisan maka nanti ada embel-embel wordpress.com di belakangnya. Misalnya abcde.wordpress.com atau lainlain.wordpress.com. Terserah kita mau pakai alamat apa. Asalkan belum ada yang memakai alamat tersebut maka bisa digunakan.

Selain berupa huruf, alamat blog juga boleh kok menyisipkan angka. Meskipun begitu, saya pribadi lebih suka alamat yang tanpa angka. Tinggal bagaimana pintar-pintarnya kita mencari kata yang pas.

Ketiga, pilih paket yang gratis. Untuk pemilihan desain lewati saja. Mengapa? Karena di wordpress com ini desain bukan sesuatu yang penting. Cukup pilih Lewati Sekarang yang ada di pojok kanan layar. Lihat gambar berikut:

Teknik Membuat Link Profile di WordPress

Keempat, buka inbox email dan lakukan konfirmasi. Setelah itu pilih Luncurkan situs Anda. Bila nanti diminta beli domain maka lewati saja. Karena niat kita memang cari yang gratis.

Kelima, silakan setting halaman depan, penambahan kategori dsb bila diinginkan. Tapi kalo niatnya sekedar buat link profil maka bisa langsung ikuti langkah berikutnya.

Keenam, setelah semuanya beres, sekarang saatnya Logout. Di sinilah kita bisa membuat link profil sebagai backlink untuk web atau blog utama kita. Cari Tautan Profil lalu tambahkan URL dan deskripsi atau keterangannya. Pembuatan link profil ini ada baiknya tunggu minimal satu bulan agar tidak terdeteksi sebagai spam oleh pihak wordpress. Tapi kalau mau coba langsung juga gak masalah. Toh ini gratis.

Ketujuh, gunakan langkah yang sama untuk blog berikutnya. Jika emailnya masih sama maka tak perlu konfirmasi lagi. Adapun bila memakai email lainnya maka harus konfirmasi sebagaimana yang disebutkan di atas.

Tambahan

Bagi rekan-rekan yang mungkin ingin membuat link profil untuk blog atau webnya, saya menyediakan jasanya. Biayanya cukup $1 (via paypal) atau IDR 15.000 (via transfer bank). Tersedia 15 blog wordpress com yang siap memberikan link profil ke blog atau web Anda. Untuk info lebih lanjut silakan WA 0812 7346 6560.

Demikian sekilas uraian seputar teknik pembuatan link profil di wordpress. Terima kasih dan semoga bermanfaat. Oia, apakah rekan-rekan pernah mendengar istilah SEO Tiang Listrik? Bila belum dan ingin tau apa itu SEO Tiang Listrik maka bisa membacanya di tulisan ini : SEO Tiang Listrik, antara Kebutuhan dan Idealisme. Selamat membaca.

BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published.