Cara Penulisan Shortcode WordPress, Mud4h dan Cepat

Cara Penulisan Shortcode WordPress

Penulisan shortcode wordpress ada beberapa cara. Namun sebelum mengetahui cara tersebut ada baiknya kita pahami dulu apa itu shortcode dan manfaatnya. Dengan begitu diharapkan penggunaan shortcode bisa lebih mudah dipelajari dan dipraktikkan.

Apa itu Shortcode?

Kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, shortcode berasal dari dua kata yakni short (pendek) dan code (kode). Secara sederhana, shortcode memang bisa dimaknai sebagai kode pendek atau kode singkat yang isinya mewakili barisan perintah tertentu terkait koding web.

Manfaat Shortcode

Selain singkat (pendek), penulisan shortcode wordpress juga bermanfaat mempermudah web developer ketika ingin menambahkan fungsi atau baris perintah yang panjang.

Cara Penulisan Shortcode WordPress

Sekarang kita akan masuk ke uraian utama yakni bagaimana cara atau teknik penulisan shortcode wordpress yang perlu diketahui.

Penulisan di Editor

Untuk penulisan shortcode wordpress di editor maka cukup dengan tanda [ dan ] sesuai shortcode yang ada. Contoh ketika kita membuat halaman Contact Form biasanya cukup menambahkan tanda [contact_from id=’2′] misalnya. Pengunaan tanda [ dan ] umumnya memang dengan bantuan plugin wordpress yang khusus membantu menambahkan shortcode.

Penulisan di Baris Perintah

Yang dimaksud baris perintah maksudnya menulis langsung di PHP sebagai bahasa pemrograman wordpress. Berikut ada dua teknik yang bisa kita pelajari.

<?php echo do_shortcode( '[nama_fungsi id=\'sesuaikan-nama\']' ); ?>
<?php echo do_shortcode("[nama_fungsi id='sesuaikan-nama']"); ?>

Jika kita lihat pada teknik pertama maka diperlukan tanda \ untuk menghindari tanda ‘ yang sama. Sedangkan pada teknik kedua tidak memakai tanda \ karena lebih memilih tanda ” pada isian shortcode.

Demikian sekilas tulisan singkat seputar cara menulis shortcode di wordpress secara mudah dan cepat. Bagi yang ingin membuat blogspot wallpaper maka dapat membacanya di Rahasia Membuat Blog Wallpaper di Blogspot, Gratis dan Menarik. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *