Cara Kirim Gambar WA (WhatsApp) 100 Persen Tanpa Blur atau Pecah

Cara Kirim Gambar WA Tanpa Blur atau Pecah

Bagi para penggunanya, cara kirim gambar WA atau WhatsApp bukanlah sesuatu yang sulit. Jangankan yang biasa berkutat di dunia IT, pengguna awampun hampir sebagian besar mampu melakukannya. Pertanyaannya, bagaimana jika ternyata gambar yang dikirim hasilnya blur atau pecah?

Gambar Blur atau Pecah

Umumnya, foto atau gambar yang kita kirim via WA sering terlihat blur, pecah atau buram. Hal ini lazim disebabkan adanya penurunan pada kualitas foto. WhatsApp memang otomatis akan mengompres setiap gambar yang kita kirim. Tujuannya tentu agar ukuran gambar bisa lebih kecil serta mempercepat proses pengiriman.

Ada beberapa cara kirim gambar WA yang tanpa kita sadari membuat kualitasnya menurun. Pertama, gambar yang dikirim berasal dari hasil potret secara langsung melalui kamera internal. Kedua, gambar yang awalnya tersimpan di galeri foto yang tentunya juga berasal dari hasil potret lewat kamera.

Kedua cara tersebut di atas, baik melalui kamera maupun galeri, umumnya akan menyebabkan gambar jadi turun dari segi kualitas. Hasilnya terlihat blur, pecah dan buram. Karena itu tadi, telah terkompres secara otomatis oleh WhatsApp.

Cara Kirim Gambar WA Tanpa Blur

Bila ingin gambar yang dikirim kualitasnya bagus dan tidak blur atau pecah maka ada cara kirim gambar WA yang tidak banyak orang ketahui. Cara ini akan membuat gambar tetap bagus resolusinya yaitu dengan menggunakan fitur Dokumen saat pengiriman.

Harus diakui, cara kirim gambar WA melalui fitur Dokumen akan sedikit memakan waktu ketika sedang upload. Terutama bila ukurannya lumayan besar. Meski begitu, file gambar yang terkirim akan tetap bagus kualitasnya dan tidak berkurang resolusinya alias tajam sebagaimana aslinya.

Baca Juga: Cara Keluar Grup WA Secara Cepat dan Mudah Tanpa Ketahuan

Nah, bagi kita yang ingin mengetahui langkah-langkahnya maka berikut tahapannya. Buka aplikasi WhatsApp lalu pilih siapa yang ingin kita kirimkan foto atau gambar. Klik saja ikon paperclip (penjepit kertas) yang ada di samping ikon kamera.

Setelah itu akan tampak opsi (pilihan) Dokumen, Kamera dan seterusnya. Silakan pilih saja Dokumen guna mengirim gambar atau foto tanpa harus dikompres oleh WhatsApp. Berikutnya kita akan dialihkan menuju File Manager di mana setiap file tampil dalam bentuk thumbnail.

Cari saja file yang dimaksud untuk dikirim. Gunakan pilihan browse jika perlu. Kalau sudah ketemu langsung klik dan kirim. Cukup tunggu hingga proses pengiriman (upload) selesai. Waktunya bisa lama dan bisa juga cepat tergantung besar kecilnya ukuran atau size file gambar aslinya.

Nantinya, si penerima akan melihat pesan yang baru saja dikirimkan. Karena berbentuk dokumen, maka si penerima perlu membuka file tersebut lebih dulu guna mengetahui apa isinya. Mungkin kelihatannya cukup ribet tapi percayalah, kualitas gambar yang diterima akan tetap bagus resolusinya. Tidak blur, pecah maupun buram.

Selamat mencoba.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *