5 Cara Bongkar Spesifikasi HP Android secara Cepat dan Mudah

Cara Bongkar Spesifikasi HP Android secara Cepat dan Mudah

Bagi pengguna, adalah penting mengetahui bagaimana cara bongkar spesifikasi HP yang dimiliki. Dengan begitu, minimal kita paham tentang HP yang biasa digunakan sehari-hari. Selain dapat mengoptimalkan fitur-fitur yang ada,  caranya pun amat mudah dilakukan tanpa harus menyertai aplikasi pihak ketiga.

Manfaat Mengetahui Spesifikasi HP

Perlu diketahui bahwa saat ini nyaris seluruh aplikasi rajin memperbarui atau mengupdate kodenya. WhatsApp dan Zoom misalnya. WhatsApp sendiri per 21 November 2021 sudah nggak dapat dipakai untuk HP Android dengan OS 4.1 atau di bawahnya. Alhasil, tidak sedikit perangkat yang akhirnya tidak mampu dipakai lagi untuk WA seperti LG Optimus F7, Samsung Galaxy Trend Lite maupun Sony Xperia Miro.

Hampir sama dengan WA, beberapa fitur Zoom juga tidak dapat dipakai jika spesifikasi HP tidak mendukung. Di antaranya fitur virtual background. Padahal bagi pengguna Zoom, fitur ini biasanya dipakai agar mampu menjaga privasi mereka ketika di ruang tertentu saat meeting online. Ternyata, Zoom telah mengatur supaya fitur virtual background hanya bisa dipakai pada HP dengan spesifikasi minimal Android 8.0 yang mana prosesornya minimal ARM 64 dengan 8 inti serta RAM paling sedikit 3 GB. Di sinilah salah satu poin penting memahami cara bongkar spesifikasi HP yang dipunyai.

Cara Bongkar Spesifikasi HP

Ada beberapa cara sebenarnya untuk mengetahui spesifikasi HP yang kita miliki. Dengan langkah yang mudah dan cepat, nantinya setiap pengguna mampu memahami spesifikasi tersebut.

Pertama, lihat spesifikasi melalui kardus HP. Umumnya, spesifikasi yang tertera di sana kurang lengkap. Tetapi untuk kondisi tertentu hal ini sudah cukup mengingat ada beberapa informasi penting yang bisa kita ketahui seperti versi Android, kapasitas ROM (storage), kapasitas RAM, jenis layar, CPU, kamera dan kapasitas baterai.

Kedua, melalui menu pengaturan. Bila kita lupa menyimpan kardus HP, atau kardusnya hilang misalnya, maka kita bisa melihatnya melalui menu pengaturan HP. Caranya cukup buka menu Pengaturan (Settings), gulung layar HP hingga bagian Tentang (About) lalu klik. Nanti akan tampil informasi seputar nomor IMEI, model smartphone, informasi baterai, perangkat lunak dan juga informasi seputar hukum.Pilih saja Informasi Perangkat Lunak guna mengetahui spesifikasi HP kita.

Ketiga, gunakan internet. Ini tentu saja sangat cepat dan mudah untuk mengetahui spesifikasi HP. Cukup kunjungi situs official HP yang dimiliki dan nantinya kita bisa juga mengetahui apakah ada update (pembaruan) atau tidak.

Keempat, manfaatkan nomor IMEI atau Internasional Mobile Equipment Identity. IMEI merupakan nomor unik guna mengidentifikasi perangkat HP. Masing-masing HP, baik Android maupun iOS, mempunyai IMEI sendiri yang berbeda satu sama lain.

Untuk memperoleh nomor IMEI bisa dilakukan melalui dua cara yakni menghubungi *#06# lalu tekan hubungi di mana nantinya akan tampil nomor IMEI HP kita. Alternatif lainnya ialah buka menu pengaturan lalu gulung layar sampai bagian Tentang (About) Ponsel.

Baca Juga: Cara Lacak Ponsel Hilang

Bila nomor IMEI sudah didapatkan maka langkah berikutnya ialah buka situs imei.info melalui browser. Ketik atau boleh juga salin nomor IMEI yang tadi kita dapatkan ke kolom yang ada. Lakukan verifikasi captcha serti ikuti prosesnya sampai selesai. Terakhir pilih Check dan nanti akan tampil spesifikasi HP secara lengkap.

Kelima, pakai aplikasi pihak ketiga yang mana salah satunya adalah CPU-Z. Caranya unduh atau download dulu via Play Store. Bila sudah terinstal, buka aplikasinya dan nanti akan terlihat spesifikasi HP secara lengkap pada menu yang ada seperti battery, system, SOC dan device.

Demikian lima cara bongkar spesifikasi HP yang bisa kita lakukan secara cepat dan mudah. Harapannya tentu agar kita paham bagaimana mengoptimalkan HP tersebut guna aktivitas sehari-hari. Semoga bermanfaat.

You May Also Like