Cara Lacak Ponsel Hilang Tahun 2022, Manfaatkan Find My Device Biar Cepat Ketemu

Cara Lacak Ponsel Hilang dengan Find My Device

Bagi pengguna Android yang bingung bagaimana cara lacak ponsel hilang maka salah satunya bisa dengan memanfaatkan Find My Device. Layanan ini adalah salah satu fitur dari sebagian ponsel Android yang umumnya secara default telah aktif.

Apa itu Find My Device?

Find My Device merupakan sebuah fitur khusus guna mencari atau melacak ponsel Android yang hilang. Fitur ini cara kerjanya bergantung pada dua hal yakni aplikasi itu sendiri dan juga layanan lokasi Google. Di samping itu, ponsel diupayakan harus tetap menyala dan sudah login ke akun Google.

Baca Juga: 3 Cara Keluar Grup WA Secara Cepat dan Mudah Tanpa Ketahuan

Cara Lacak Ponsel Hilang dengan Find My Device

Untuk tahap pertama, pastikan dulu apakah Find My Device telah aktif atau belum. Caranya dengan mengecek kemudian mengaktifkan layanan Google Find My Device.

Buka Settings lalu pilih Security. Berikutnya pilih Find My Device dan aktifkan bila ternyata fitur ini belum diaktifkan.

Jika sudah aktif maka cara lacak ponsel hilang selanjutnya adalah sebagai berikut:

  • Silakan buka halaman pencarian Google menggunakan perangkat komputer atau laptop
  • Coba ketikkan frasa Find My Device pada kolom pencarian
  • Pilihlah mana perangkat yang sedang dicari
  • Tampilan lokasi ponsel yang dicari akan muncul di layar dalam bentuk peta

Ada beberapa pilihan atau opsi setelah perangkat yang hilang ketemu lokasinya. Pertama, bunyikan perangkat supaya mudah ditemukan. Kedua, kunci perangkat serta hapus akun Google dari perangkat guna mengamankan data yang ada kalau memang ponsel hilang di tempat yang dianggap kurang aman. Ketiga, hapus semua data di ponsel dengan catatan bila pengguna meyakini bahwa perangkatnya hilang karena dicuri atau bisa juga karena lokasi hilangnya sangat jauh.

Demikian sekilas panduan cara lacak ponsel hilang menggunakan fitur Find My Device. Meskipun begitu, semuanya tentu berharap agar ponsel yang dimiliki tidak hilang dari genggaman. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published.