Hapus Peta Situs sebagai Teknik SEO 2022, Gampang Banget

Hapus Peta Situs sebagai Teknik SEO 2022

Salah satu bagian optimasi web atau SEO adalah menghapus peta situs yang lama dan tak aktif lagi untuk kemudian diganti dengan peta situs yang baru. Dengan begitu diharapkan mesin pencari dapat segera mengenal url atau link web mana saja yang perlu di-crawl dan di-index.

Apa itu Peta Situs?

Merujuk pada halaman Google Developers, peta situs adalah file yang dibuat guna memberikan informasi seputar postingan, halaman dan hal lainnya dalam sebuah situs. Peta situs memberi tahu mesin pencari tentang postingan dan halaman mana saja yang dianggap penting dalam sebuah situs. Termasuk pula memberikan informasi tentang kapan terakhir kali halaman diperbarui.

Membuat Peta Situs

Umumnya, platform yang banyak digunakan saat ini, blogspot dan wordpress, telah menyediakan peta situs secara otomatis. Nama filenya adalah sitemap.xml yang nantinya berisi kumpulan url postingan dan halaman. File inilah yang nantinya didaftarkan dengan harapan dapat dikenali dan di-index oleh mesin pencari.

Baca Juga: Sitemap Blogspot, Teknik Pembuatan secara Mudah dan Cepat untuk Tahun 2022

Mendaftarkan Peta Situs

Peta situs baiknya didaftarkan melalui Google Search Console (GSC) maupun web lain yang menyediakan layanan yang sama.

Menghapus Peta Situs

Adakalanya, peta situs yang didaftarkan bisa berjumlah lebih dari satu. Nah jika ada peta situs yang memang sudah tidak terpakai dan hanya menghasilkan 404 maka sebaiknya segera dihapus.

Demikian sekilas tutorial seputar cara hapus peta situs yang lama dan tidak terpakai lagi. Harapannya tentu bisa memperbaiki proses crawl dan indexing halaman-halaman web atau blog yang kita buat. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *